Sempat Terlantar, 72 Siswa SMAN 10 Bekasi Akhirnya Bisa Bersekolah

Megapolindonesia.com

BEKASI – 57 siswa SMA Kota Bekasi yang sempat diberitakan ditelantarkan oleh Pemerintah akhirnya ditampung di SMAN 10 Terbuka sesuai dengan instruksi Dinas Pendidikan Kota Bekasi dan disepakati oleh orangtua murid.

Namun 57 siswa tersebut harus memenuhi kewajibannya. Mereka harus mengeluarkan biaya Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) setiap bulan, padahal siswa sekolah Terbuka tidak dikenakan pungutan.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Ali Fauzi mengatakan, mereka dikenakan biaya SPP karena ingin memperoleh pendidikan 100 persen seperti halnya SMAN 10 reguler. Pada umumnya, komposisi metode belajar mereka adalah 80 persen mandiri alias belajar sendiri dan 20 persen tatap muka atau diajarkan langsung oleh guru.

“Karena mereka ingin seperti sekolah reguler yang 100 persen belajar tatap muka, makanya dikenakan biaya,” kata Ali di Plaza Pemerintah Kota Bekasi pada Senin (14/8/2017).

Meski demikian, Ali tidak mengetahui secara pasti besaran biaya SPP itu. Soalnya kewenangan SMAN/SMKN di wilayahnya ada pada Provinsi Jawa Barat. Namun Ali memprediksi, biaya SPP sekitar Rp 200.000-Rp300.000 per bulan.

“Saya nggak tahu pasti, karena kewenangannya bukan berada di Dinas Pendidikan Kota Bekasi,” ujar Ali.

Selain terdapat perbedaan komposisi metode belajar, sekolah terbuka juga dibebaskan untuk melaksanakan pendidikan di manapun. Siswa diperbolehkan memilih aula, sekretariat RT, musala dan sebagainya sebagai sarana pendidikan. Bahkan mereka juga diperkenankan mengenakan pakaian bebas, tidak mesti seragam sekolah.

Untuk SMAN 10 Terbuka, kata Ali, telah mendapat persetujuan dari SMK Yaperti agar menggunakan dua ruang kelas. Selama tiga tahun mereka menggunakan ruang kelas itu secara gratis. Bahkan jarak kedua sekolah juga tidak jauh, hanya terpaut sekitar 400 meter.

“Meski metode belajarnya ingin seperti reguler, namun ijazahnya tetap SMAN 10 Terbuka,” jelas Ali.

Ali mengimbau, kepada orangtua agar tidak mempermasalahkan istilah SMAN 10 Terbuka. Lulusan SMAN Terbuka juga bisa diterima di universitas negeri bahkan di dunia pekerjaan dengan lulusan serupa.

“Legalitas mereka justru terjamin dengan SMAN Terbuka, karena tercatat dalam daftar pokok peserta didik (Dapodik),” ungkapnya. (Yd)

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: