Perkotaan

Jalan Dewi Persik “Nongol” Di Google Maps, Warganet Bekasi Bisa Bantu Ubah ‘Kok

Megapolindonesia.com

BEKASI – Berubahnya nama Jalan Dewi Sartika yang terletak di Bekasi Timur menjadi Jalan Dewi Persik di aplikasi Google Maps, Kepala Diskominfotasandi Kota Bekasi, Titi Masrifahati akan menyelidiki kejadian tersebut dengan mendatangi pihak kepada Google.

Oleh karenanya, pihak Diskominfotasandi Kota Bekasi, lanjut Titi, segera mengirimkan surat secara resmi kepada pihak google agar nama jalan tersebut di review dan dikembalikan seperti semula yakni Jalan Dewi Sartika.

Sementara untuk indikasinya, setelah dilakukan diagnosa, kata Titi, ada Massive Suggest dari kelompok tertentu, namun dirinya belum bisa memastikan kelompok dan dari mana atau sekadar orang yang iseng atau hanya bermain main. Ia mengatakan, pihaknya mencatat sekitar 100 user name yang sudah membuka Jalan Dewi Sartika melalui aplikasi Google Maps.

“Pertama, ini nama pahlawan dan yang kedua ini kan soal integeritas kota. Makanya karena ini dalam kewenangan Google sehingga kita akan klarifikasi dulu dan mengajukan keberatan ke pihak Google,” terangnya.

“Kita juga belum mengetahui apakah ada orang yang sengaja mengubah nama jalan tersebut atau seperti apa. Lebih lanjutnya setelah kita klarifikasi ke Google,” ujarnya.

Sementara, salah seorang warga Kota Bekasi yang tinggal di wilayah Jaka Setia, Bekasi Selatan, Sindula Gunawangsa (49) mengaku keberatan dengan berubahnya nama Jalan Dewi Sartika menjadi Dewi Persik. Menurutnya, nama Dewi Sartika diabadikan sebagai nama jalan merupakan bagian untuk menghargai Jasa Pahlawan sehingga perlu diperjuangkan dan dibela.

“Penamaan jalan kan harus melalui prosedur administratip yang benar. Penyampaian informasi pada publik sudah diatur dalam UU ITE yang diatas ini kan menyesatkan publik. Wali Kota sebagai administratur Kota berhak menuntut perbaikan atas kesalahan ini,” tandasnya.

Tim Megapolindonesia menemukan cara untuk warganet Kota Bekasi yang ingin berkontribusi untuk merubah nama Jalan Dewi Sartika lewat aplikasi Google Maps ; langkah-langkah tersebut yakni:

1. Buka Aplikasi Google Maps

2. Pilih dari menu, “Kirim Umpan Balik”

3. Pilih “Ubah Peta”

4. Tunjuk “JL. Dewi Persik” dan setelah keluar tandanya, pilih “Lanjutkan”

5. Aktifkan “Semua Jalanan”

6. Beri ceklis “Kesalahan Gambar”, lalu masukkan catatan di pesan tertulis “Jalam Dewi Persik keliru, seharusnya Dewi Sartika”

7. Kirim Umpan Balik ke pihak Google Maps.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s