Unik! Belajar Demokrasi Luber Jurdil Lewat Pemilihan Ketua RW


Megapolindonesia.com

BEKASI – Pemandangan unik terlihat saat acara Pemilihan Ketua RW 011 Kelurahan Jatiasih, Kecamatan Jatiasih tepatnya di Komplek Pemda Blok C pada Minggu, (30/7/2017).

Sebanyak 715 warga RW 011 yang terdiri dari beberapa RT diajak untuk merayakan pesta demokrasi dengan melakukan Pemilihan Umum Ketua RW masa bakti 2017-2020 dimana seluruh warga RW tersebut diajak untuk datang ke bilik suara untuk mencoblos calon Ketua RW jagoan mereka.

M Suhari, Panitia Pelaksana Pemilihan Ketua RW 11 bidang Program dan Tata Laksana mengungkapkan cara pemilihan yang Jujur, Adil, Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia (Luber Jurdil) merupakan bentuk pelaksanaan masyarakat terhadap Peraturan Daerah Kota Bekasi tentang Pemilihan Umum.

“Tata cara dan acuan pemilihan kami adopsi dari Perda yang berlaku, untuk pemilih kami juga memberi syarat-syarat tertentu, terlebih untuk para calon Ketua RW, kami adakan proses verifikasi calon, fit and proper test, bahkan sda debat calon Ketua RW sebelum pencoblosan berlangsung,” kata M Suhari, Minggu, (30/7/2017).

Di tempat yang sama, Noval Tajudin, tokoh masyarakat yang juga merupakan ketua RW 011 periode sebelumnya menjelaskan bahwa pelajaran demokrasidi tengah masyarakat harus ditanamkan dari sekup yang paling kecil.

“Demokrasi bisa dipelajari di tingkatan RW, tahapan-tahapan Pemilu pun selayaknya Pemilihan Presiden, dari mulai tahapan sosialisasi, verifikasi calon, kampanye-kampanye, debat calon, masa tenang, hingga hari pencoblosan, semua tertata rapi agar masyarakat bisa memahami bentuk demokrasi,” ujar Noval.

Noval juga mengamanatkan kepada siapapun yang yerpilih nanti harus bisa mengawal aspirasi masyarakat tanpa pandang bulu

“Siapapun yang terpilih, harus bisa mengawal aspirasi warga RW 011, kekompakan dan kebersamaan harus senantiasa dijaga apalagi Kota Bekasi ini sangat pesat pembangunan infrastrukturnya,”

“Saya rasa disinilah peran warga masyarakat untuk berpartisipasi terhadap pembangunan Kota Bekasi, khususnya dalam proses administrasi yang tettib dan analisis kajian dampak lingkungan terhadap warga masyarakat,” tutup Noval.

Adapun penyelenggaraan Pemilihan Ketua RW 011 diramaikan dengan lolosnya dua orang nama calon yakni, DR. Ir. Nico Djajasinga, MSC, IPM dan Nasrul Islam.

Pelaksanaan Pemilihan Ketua RW 011 juga benar-benar dilaksanakan secara demokratis oleh 715 warga sebagaimana diamanatkan dalam Perda Kota Bekasi no. 4 Tahun 2005 Dan No. 5 Tahun 2015 Tentang Pedoman Pembentukan Rukun Tetangga dan Rukun Warga. (Yd)

Beri Komentar

%d bloggers like this: