Solidaritas Negara Tetangga, RI Donasi Dua Ambulans Untuk Papua Nugini


Megapolindonesia.com

PAPUA NUGINI – Konsulat Republik Indonesia yang berkedudukan di Vanimo, Ibu Kota Provinsi Sandaun, pada hari Rabu (14/6/2017) menyerahkan bantuan berupa 2 unit ambulan kepada masyarakat PNG.

Bertempat di halaman kantor Konsulat RI dalam sebuah seremoni yang sederhana, bantuan diserahkan oleh Konsul Jendral (Konjen) RI untuk PNG, Elmar Lubis kepada Karateker Gubernur Provinsi Sandaun, Hon Jhon Nos.

Penyerahan bantuan disaksikan oleh kedua belah pihak yakni dari Pemerintah RI dan Pemerintah PNG, diantaranya Kepala Badan Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Provinsi Papua, Suzana Wanggai dan Consul General of the Independent State of PNG in Jayapura, Geoffrey Wiri beserta para pejabat terkait.

Konjen RI untuk PNG, Elmar Lubis kepada Megapolitan yang diundang secara khusus menyaksikan penyerahan bantuan tersebut mengatakan bahwa penyerahan bantuan tersebut sebagai bentuk ekspresi solidaritas Indonesia kepada masyarakat PNG, khususnya Vanimo dan sekitarnya.

“Suatu bentuk komitmen pemerintah RI dan niat baik solidaritas Indonesia kepada PNG,” ucapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan dua unit mobil ambulans yang diserahkan tersebut, nantinya akan digunakan oleh rumah sakit umum PNG dan dua klinik lainnya.

Elmar Lubis juga mengatakan selain memberikan bantuan tersebut, langkah nyata lainnya untuk membangun persahabatan adalah membangun pos lintas batas dengan tujuan memberikan fasilitas yang lebih baik.

“Cross border bukan menjadi pemisah namun menjadi jembatan persahabatan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Otoritas Rumah Sakit Provinsi Sandaunm Alphonse Yalim mengatakan bantuan yang diberikan membantu pengembangan program – program kesehatan di daerah Vanimo dan sekitarnya.

“Saat ini kami punya dua ambulan, namun tidak berfungsi dengan baik, dan ambulan ini akan sangat membantu,” kata dia. (YA)

Beri Komentar

%d bloggers like this: