Pilkada Kota Bekasi, KMP Buka Pintu Koalisi Dengan Golkar?

Megapolitan.co

BEKASI – Wakil Ketua Bidang Badan Pemenangan Pemilu DPW PKS Jawa Barat, Choiruman Juwono Putro menyatakan bahwa Koalisi Merah Putih yang dibentuk di Kota Bekasi antara PKS – Gerindra untuk mengusung paslon Walikota masih membuka peluang kepada partai-partai lain untuk bergabung di dalamnya.

Disinggung mengenai kemungkinan Partai Golkar yang selama ini mengusung pasangan petahana Rahmat Effendi – Ahmad Syaikhu merapat ke Koalisi Merah Putih, Choiruman berkata bahwa koalisi PAS Jilid II bisa saja kembali terulang di Pilkada tahun 2018.

“Kemungkinan itu bisa saja terjadi, koalisi Merah Putih ditambah partai Golkar bisa kembali mengusung Rahmat Effendi – Ahmad Syaikhu pada Pilkada Kota Bekasi mendatang,” kata Choiruman pada Kamis, (8/7/2017).

Kemungkinan tersebut, kata Choiruman akan terjadi karena masyarakat Kota Bekasi mempunyai kecenderungan untuk memilih figur yang sudah dikenal dan mempunyai track record baik selama memimpin.

“Kalau dari kepartaian, jelas dua figur tersebut masih memiliki elektabilitas dan popularitas tertinggi dibanding calon-calon lain yang muncul belakangan ini,” kata Choiruman.

Di tempat berbeda, Ketua DPD PKS Kota Bekasi, Heri Koswara mengatakan bahwa PKS masih membuka diri dan memberikan peluang bagi partai lain untuk menjalin koalisi di Pilkada 2018 mendatang.

“Kami (PKS) bersama Gerindra memang sudah melakukan deklarasi. Tapi hal itu ┬ábukan menjadi hal yang mutlak, kaena namanya juga politik ‘kan tetap harus fleksibel. Jadi, untuk saat ini peluang bagi partai lain untuk berkoalisi bersama PKS masih sangat memungkinkan,” ujarnya.

Selain itu, koalisi tersebut juga berguna untuk memastikan PKS-Gerindra dalam pemenuhan tiket menuju Pilkada 2018. Namun disamping itu juga, dirinya masih mengharapkan kekuatan dari partai-partai lain.

“Sampai hari ini PKS dan Gerindra sama-sama belum memunculkan figur. Kemungkinan sebelum Desember 2017 sudah tercetus figur,” tutupnya. (Yd)

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: