Paguyuban Budaya Tasjidan Bekasi Resmi Dilantik

Megapolitan.co

BEKASI – Abdul Rais Kadir terpilih kembali menjadi Ketua Paguyuban Budaya dan Silat Tata Siliwangi Jiwa Pasundan (Tasjidan) Kabupaten Bekasi. Bertempat di Kuta Tandingan, Kabupaten Karawang, Baba Rais, sapaan akrabnya dilantik bersama dengan pengurus Tasjidan Kabupaten Bekasi disaksikan langsung oleh Mbah Gelung, salah satu tokoh pewaris sejarah di tanah Karawang.

Rais Kadir sedikit bercerita tentang visi Tasjidan untuk menyadarkan generasi muda untuk selalu menjaga kearifan lokal dan juga sikap tenggang rasa yang menjadi ciri khas kebangsaan di negara Indonesia.

“Tasjidan ini dibentuk dengan tujuan membentuk para anggota agar takut kepada Allah dan berbakti sesama manusia, tujuan tersebut berkaitan dengan mempertahankan kebudayaan leluhur yang identik dengan tatakrama dan kesopansantunan,” ungkap Baba Rais kepada tim Megapolitan pada Minggu, (20/5/2017).

Harapan Tasjidan, kata Rais, bisa menumbuhkan tradisi anak muda untuk melek akan sejarah kebudayaan leluhur daerahnya masing-masing yang saat ini telah seakan terkikis oleh perubahan zaman.

“Harapannya jelas agar masyarakat Indonesia tidak mudah untuk melupakan budaya leluhur yang merupakan kekayaan khas daerahnya masing-masing, tradisi semacam ini sudah mulai pudar di kalangan generasi modern akhir-akhir ini,” kata Abdul Rais Kadir yang mempunyai sekretariat di Kampung Jatibaru, Desa Tanjung Sari, Cikarang Utara ini. (Yd)

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: