Database Pemkot Bekasi Aman Dari Serangan Virus WannaCry

Megapolitan.co

BEKASI – Serangan virus komputer bernama WannaCry yang sempat menghebohkan dunia belakangan ini, ridak luput menjadi perhatian Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Telesandi (Diskominfostandi) Kota Bekasi.

Titi Masrifahati, Kepala Diskominfostandi Kota Bekasi menyatakan bahwa serangan virus tersebut tidak menjangkiti sistem database di perangkat komputer yang ada lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi.

Titi tak menampik jika ancaman virus Wannacry tersebut membuat kepanikan dan kewaspadaan beberapa SKPD dengan berkonsultasi terkait bagaimana caranya untuk mengantisipasi bahaya virus yang bisa mengunci data informasi yaang ada di sistem windows perangkat komputer.

“Ada 15 SKPD yang berkonsultasi kepada Kominfostandi soal langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mencegah bahaya virus WannaCry itu,” ujar Titi, pada Rabu, (17/5/2017).

Lebih lanjut, Titi memberikan penjelasan tentang bagaimana prosedur pengamanan data untuk menjaga keberlangsungan pelayanan masyarakat tetap berjalan.

Langkah yang pertama kali dilakukan memastikan agar backup data yang telah dilakukan skpd selama ini, dalam kondisi aman, memastikan bahwa pengelola IT telah mengikuti langkah – langkah sesuai Siaran Pers Kominfo Nomor: NO. 55/HM/KOMINFO/05/2017 Tanggal 13 Mei 2017 Tentang Himbauan Agar Segera Melakukan Tindakan Pencegahan Terhadap Ancaman Malware khususnya Ransomware jenis Wannacry.

“Sepanjang kita melakukan prosedur yang benar sesuai instruksi Kominfo semua bisa aman yakni dengan menonaktifkan LAN/Hotspot dan masing- masing agar back up data ke Storage terpisah,” jelasnya. (Yd)

Ingin Tahu Lebih Banyak Soal Kota Bekasi?

Kami Kabarkan Berita Terbaru Seputar Kota Bekasi Langsung ke Gadget Anda.

Invalid email address
Anda Bisa Berhenti Berlangganan Kapan Saja Tanpa Biaya

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: