BI Dorong Penguatan Sektor BUMD Angkat Ekonomi Papua


Megapolitan.co

JAYAPURA – Kantor Perwakilan BI Papua menginsiasi seminar bertajuk Peningkatan Peran BUMD dalam Mendorong Perekonomian Papua, di sebuah hotel berbintang pada Senin (15/5) yang diikuti oleh Perwakilan BUMD yang ada di Provinsi Papua dan instansi terkait lainnya.

Berdasarkan kajian TPID Provinsi Papua berbagai komoditas penyumbang inflasi seperti beras, cabai, daging ayam, daging sapi dsb sebagian besar didatangkan dari Kota Surabaya dan Makasar.

Selain itu, diketahui bahwa 45% pedagang di Papua melakukan transaksi jual beli dengan pedagang besar dan hanya sekitar 14% melakukan transaksi langsung dengan produsen. Kondisi ini berpotensi menyebabkan harga menjadi lebih tinggi, dan margin harga tertinggi berada pada tingkat pedagang pasar.

“Hasil mapping yang dilakukan dibeberapa daerah di Indonesia menunjukkan mayoritas telah melakukan kegiatan kerja sama perdagangan dengan mengoptimalkan peran BUMD di masing – masing daerah,” ujar Kepala BI Papua, Joko Supratikto.

Ditambahkannya melihat kondisi tersebut, maka perlu dijajaki pola kerja sama perdagangan antara daerah dengan meningkatkan peran BUMD di Papua.

“Jadi ini adalah seminar untuk memperkuat fungsi BUMD terkait dengn TPID dan pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Menurut Joko, melalui penguatan peran BUMD, rantai distribusi dapat dipangkas dan tata niaga perdagangan antar wilayah dapat dikelola dengan baik sehingga mampu menjaga inflasi, khususnya kelompok volatile food (harga bergejolak) dalam level stabil.

Output dari seminar ini diharapkan dilakukan kajian lebih lanjut mengenai BUMD mana yang akan diberdayakan, sehingga kedepan BUMD siap untuk bekerja sama dengan Pemprov lain, bukan hanya mendatangkan barang dari luar Papua namun juga menampung dan memasarkan produk lokal keluar.

Narasumber yang dihadirkan oleh BI Papua dalam seminar tersebut ialah Deputi Kepala Perwakilan BI Papua, Fauzan, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Papua, Omah Laduani dan Hanif Asrori dari PT. Puspa Agro (BUMD Jawa Timur). (YA)

Beri Komentar

%d bloggers like this: