Program Bank Sampah Jangan Cuma “Anget-Anget Tahi Ayam”

Megapolitan.co

BEKASI – Program Bank Sampah yang dicanangkan Pemerintah Kota Bekasi masih dianggap perlu sosialisasi oleh sebagian warga masyarakat. Kendati program tersebut memiliki potensi menjaga lingkungan dan pembangunan ekonomi, namun banyak warga masyarakat yang masih kurang mengetahui peran Bank Sampah dalam menjaga keasrian lingkungan dan kemandirian ekonomi.

Menurut Ketua RW 008, Kelurahan Kayuringin Jaya, Endang Iskandar ST., kehadiran bank sampah sebagai alternatif solusi penyielesaian masalah lingkungan yang terjadi di dalam kehidupan masyarakat, khususnya warga Kota Bekasi.

“Keberadaan Bank Sampah sangat penting untuk digalakkan dan disosialisasikan kepada masyarakat, sekarang kita bisa lihat bahwa membludaknya sampah rumah tangga di lingkungan perumahan menjadi permasalahan tersendiri bagi kehidupan masyarakat,”ujar Endang, Minggu, (1/5/2017) di acara Pelantikan pengurus RW 008, Kayuringin Jaya.

Dedy juga menambahkan bahwa Bank Sampah yang telah diprogramkan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan Kota Bekasi bisa menjadi sumber potensi ekonomi untuk para masyarakat menengah ke bawah.

“Di RW 008 sendiri, kami mempunyai Bank Sampah yang dinamakan Berlian 008, selain untuk memelihara lingkungan, Bank Sampah bisa menjadi sarana untuk mengembangkan ekonomi masyarakat, sampah rumah tangga yang masih bisa didaur ulang, bisa dijadikan kreasi barang yang berguna untuk kebutuhan atau perlengkapan sehari-hari,” tambahnya.

 

Pelantikan RW 008, Kayuringin Jaya. (dok. ist)

Masih kata Dedy, Pemerintah Kota Bekasi yang mencanangkan program Bank Sampah sejak tahun 2016 silam masih terbilang minim perhatian kepada operator bank sampah yang ada di masyarakat.

“Kami telah mengerjakan apa yang diminta oleh pemerintah, seharusnya program pemerintah yang bagus seperti ini jangan malah terkesan “anget-anget tahi ayam”, seakan-akan apa yang mereka perintahkan jadi angin lalu, padahal kami selalu siap untuk membackup program pemerintah, jika pemerintahnya sendiri rutin melakukan pengawasan dan pelatihan kepada kami,” tutupnya.

Untuk diketahui, RW 008, Kayuringin Jaya baru saja melantik kepengurusan RW di bawah kepemimpinan Endang Iskandar bertempat di Sekber RW 008, Jalan Udang, Kayuringin Jaya. Acara pelantikan sendiri disaksikan langsung oleh Sekcam Bekasi Selatan, Dedi M Irfan, dan Lurah Kayuringin, Suryadi. Selain melantik Ketua RW, sekitar 8 RT dan tim penggerak PKK juga ikut dilantik dan akan memimpin daerah masing-masing untuk periode tahun 2017-2020. (Yd)

Beri Komentar

%d bloggers like this: