Pilkada Kota Bekasi ; Ajang Pencarian Sosok Pemimpin Visioner

Megapolitan.co

BEKASI – Konstelasi politik Kota Bekasi mulai memasuki tahap penjajakan jelang Pilkada Kota Bekasi yang akan terselenggara di tahun 2018 mendatang. Partai-partai sudah memasuki tahap konsolidasi dan penguatan terhadap kader di tingkatan Kota sampai anak ranting untuk melakukan penguatan terhadap suara konstituen.

Berbagai strategi dan sosialisasi dilakukan lewat media sudah dilakukan mulai dari cara yang paling konvensional hingga modern. Safari tokoh juga mulai ramai diberitakan media-media dewasa ini.

Hemat saya, Bekasi di masa mendatang membutuhkan calon Walikota yang mampu membawa masyarakat menuju perubahan. Perubahan disini bukan hanya pada fisik perkotaan tapi juga “non-fisik”. Evolusi Infrastruktur yang sudah mulai menggeliat terlihat sudah sangat baik akan tetapi masih kurang dibarengi dengan pengembangan ekonomi kerakyatan, penguatan karakter sumber daya manusia dan kerukunan umat beragama yang luput dari perhatian para penyelenggara pemerintahan.

Kota Bekasi yang mempunyai konsep Smart City yang telah dicanangkan selama ini nampaknya menjadi tantangan tersendiri untuk para pemangku kebijakan. Implementasi pelayanan publik Kota Bekasi harus menjadi perhatian khusus agar lebih optimal.

Sosialisasi tentang arti makro konsep Smart City memang harus lebih digalakkan oleh pemerintah setempat hingga ke tingkatan Rukun Warga/Rukun Tetangga. Penggunaan instrumen Smart City, seperti Patriot Operation Center juga harus bisa menyentuh masyarakat yang memang bisa menjadi potensi pendukung Bekasi Smart City.

Meminjam sepenggal kalimat sang proklamator, Bung Karno, “Janganlah mengira kita semua sudah cukup berjasa dengan segi tiga warna. Selama masih ada ratap tangis di gubuk-gubuk pekerjaan kita selesai! Berjuanglah terus dengan mengucurkan sebanyak-banyak keringat.”

Inilah yang menjadi tantangan para kandidat calon pemimpin Kota Bekasi di masa depan. Rahmat Effendi, Akhmad Syaikhu, Mochtar Mohammad ataupun calon pemimpin di luar nama tersebut yang mempunyai kesempatan sama dan rata diharapkan mempunyai pandangan yang visioner tentang tata pembangunan Kota Bekasi menuju Kota Patriot yang Maju, Sejahtera dan Ihsan. Kota Bekasi yang mempunyai asas manfaat untuk kemaslahatan rakyat yang akan dikenang hingga beberapa dekade mendatang.

oleh: Ahmad Ghozali ; Ketua Lembaga Kajian Kebijakan Daerah (LK2D)

Ingin Tahu Lebih Banyak Soal Kota Bekasi?

Kami Kabarkan Berita Terbaru Seputar Kota Bekasi Langsung ke Gadget Anda.

Invalid email address
Anda Bisa Berhenti Berlangganan Kapan Saja Tanpa Biaya

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: