Advertorial

Disperkimtan Sinergikan Program Pembangunan Lewat Partisipasi Masyarakat

Megapolitan.co

BEKASI – Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kota Bekasi mengadakan kegiatan Sosialisasi Pembinaan Kualitas Perumahan Permukiman di Kota Bekasi Tahun 2017 pada Kamis, 19 April 2017 di Mustika Jaya, Kota Bekasi.

Kegiatan sosialisasi yang dilakukan di aula Kelurahan Kayuringin ini masyarakat terlihat antusias dan berkomitmen bersama pemerintah Kota Bekasi untuk bersinergi dalam meningkatkan KotaKu lebih berkualitas baik perumahan maupun permukiman.

Dalam rangka meningkatkan kualitas Perumahan dan Permukiman melalui Pembangunan Saranna dan Prasarana Perumahan dan Permukiman serta melalui upaya pendukung lainnya . Dengan meningkatkan kualitas perumahan dan permukiman ini merupakan bagian dari rencana pemerintah Kota Bekasi untuk mewujudkan kota yang maju sejahtera dan ihsan.

Luthfi Hanifah ST, MSE mengatakan bahwa latar belakang yang ada seperti Perkembangan daya tarik aktivitas perkotaan yang tidak diimbangi kecukupan lahan hunian yang terjangkau, pelayanan dasar perkotaan, terutama pada kebutuhan hunian sederhana yang layak, maka Pemerintah saat ini lebih memperhatikan agar percepatan pertumbuhan kawasan permukiman kumuh perkotaan lebih seimbang.

“Kalau hanya satu arah semua tidak akan berhasil, maka kita perlu bersinergi yaitu kerjasama dua arah”, tuturnya.

Target dan sasaran pembangunan agar penurunan kumuh perkotaan menjadi 0%. Rencana Pembangunan Kawasan Permukiman Prioritas (RPKPP) meliputi 12 Kawasan Prioritas, Alokasi pada tahun 2017 per Kelurahan sebesar Rp 1 – 1,5 Milyar dan dilaksanakan Sosialisasi untuk Pembinaan.

Pelaksanaan RPKPP dilakukan dengan konsep penanganan jalan lingkungan, penanganan rumah tidak layak huni (Rutilahu), penanganan drainase, penanganan air bersih, penanganan sanitasi, yang terdiri dari karakteristik dan tujuannya masing-masing.

Sumber anggaran program peningkatan Rutilahu berasal dari APBN melalui Bantuan Kementrian Pupera, APBD Provinsi Jawa Barat, APBD Kota Bekasi dan Swadaya Masyarakat. Maksimal peningkatan Rutilahu adala Rp 18 Juta per rumah tinggal sesuai dengan kondisi yang harus diperbaiki. Target peningkatan Rutilahu per tahun 150 unit rumah tinggal.

Pelaksanaan pembinaan kualitas perumahan dan permukiman melalui upaya pendukung lainnya seperti rumah sehat, perilaku hidup bersih dan sehat, penyediaan dan penggunaan air bersih serta pengelolaan sampah. (*)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s