Cegah Bahaya Narkoba, Kodam Cenderawasih Tes Urine Prajurit


Megapolitan.co

PAPUA – “Jangan Coba-Coba Mengkomsumsi Miras Dan Narkoba Yang Akan Menghancurkan Dirimu Dan Keluargamu”. Demikian bunyi butir pertama dari Tujuh Perintah Harian Pangdam XVII/Cenderawasih yang harus dilaksanakan oleh seluruh prajurit dan PNS jajaran Kodam XVII/Cenderawasih. Guna menindaklanjuti perintah tersebut Kodam XVII/Cenderawasih melakukan inspeksi mendadak (sidak) dan pemeriksaan urine kepada prajurit dan PNS Kodam XVII/Cenderawasih pada Selasa, (4/4/2017) bertempat di Aula Tonny A. Rompis Makodam XVII/Cenderawasih.

Sidak ini dilakukan dalam rangka Program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) terhadap prajurit serta sebagai upaya bersih bersih di lingkungan TNI-AD dari narkoba. Sekitar 130 orang mulai dari Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Kodam diambil sample urine saat pelaksanaan apel pagi sebelum kegiatan olah raga aerobik.

Dalam kegiatan pengambilan test urine tersebut Kodam XVII/Cenderawasih bekerjasama dengan BNN Provinsi Papua dan diawasi Pomdam XVII/Cenderawasih, Kesdam dan Denintel Kodam XVII/Cenderawasih serta langsung diawasi oleh Wakil Asisten Intelejen Kasdam XVII/Cenderawasih Letnan Kolonel Inf Mohamad Aidi.S.IP. Wakil Asisten Intelejen menuturkan bahwa bangsa Indonesia saat ini dalam kondisi darurat Narkoba, hal ini dikarenakan Narkoba telah merasuk dan mempengaruhi ke dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat Indonesia bahkan telah merasuk terhadap kehidupan oknum prajurit TNI AD.

Ia menuturkan digelarnya kegiatan ini lantaran dirinya merasa prihatin pengaruh dan dampak Narkoba.” Narkoba dapat mempengaruhi generasi penerus bangsa dimasa yang akan datang. Apabila kondisi yang demikian dibiarkan, maka tidak dapat dipungkiri generasi penerus bangsa akan menjadi rapuh dan pada akhirnya mempengaruhi keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara di masa yang akan datang, “katanya.

Ia berharap seluruh prajurit TNI AD khususnya jajaran Kodam XVII/Cenderawasih maupun keluarganya dapat mengerti dan memahami serta mampu membentengi diri dari segala pengaruh Narkoba di lingkungannya masing-masing.

Kegiatan pemeriksaan tes urine yang dilakukan secara mendadak terhadap para Perwira, Bintara,Tamtama dan PNS ini sengaja dilaksanakan dan tidak diberitahukan sebelumnya, sehingga pemeriksaan seperti ini untuk meyakinkan bahwa seluruh prajurit TNI harus bersih dan terbebas dari narkoba.

Apabila masih ada prajurit maupun PNS didapatkan menggunakan atau mengedarkan barang haram ini akan ditindak secara tegas dan dipecat dari dinas. Kegiatan seperti ini akan dilakukan secara rutin dengan waktu yang tidak ditentukan sepanjang tahun terhadap prajurit dan PNS Kodam XVI//Cenderawasih,” bebernya. (YA)

Beri Komentar

%d bloggers like this: