Begini Cara Pengiriman BBM Ke Pedalaman Papua

Megapolitan.co

PAPUA – Kabupaten Mamberamo Tengah masih terbilang sebagai kabupaten baru yang dimekarkan dari kabupaten induk yakni Jayawijaya delapan tahun silam.

Hingga hari ini, wilayah ini masih cukup terisolir.   Pada umumnya masyarakat menggunakan moda transportasi udara dengan rute Kobakma – Jayapura atau Kobakma – Wamena untuk masuk dan keluar wilayah ini. Inilah yang menjadi salah satu faktor pemicu mahalnya harga-harga barang diwilayah ini.

Namun, dengan adanya kebijakan bbm satu harga oleh Presiden Jokowi, masyarakat sangat terbantu.

Dikatakan oleh Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak, sebelum adanya kebijakan tersebut harga bbm jenis solar dan premium mencapai 60ribu per liter. Kini harga bbm di Mamteng sesuai dengan standar nasional yakni 6500 per liter.

Bbm untu Kabupaten Mamteng sendiri, dipasok dari Timika menggunakan pesawat khusus pengangkut BBM buatan rusia, milik maskapai penerbangan Pelita Air.

“Sebelum ada pesawat, bbm diangkut dengan pesawat penumpang. Sekali angkut sekitar 4 drum,” kata Bupati Mamteng.

“Bisa 1-2 minggu sekali dipasok tergantung pesawat,” lanjutnya

Pesawat Pelita Air yang khusus mengangkut bbm untuk wilayah pedalaman Papua, berkapasitas 3 ton. 

Menurut Bupati Ricky Pagawak, kebutuhan bbm di Kabupaten Mamteng mencapai 2 ton setiap perminggu. Jadi setiap minggu harus asa pasokan bbm yang masuk ke Mamteng.

Terkait dengan distribusi BBM, Ricky Pagawak mengatakan pihaknya melakukan pengawasan langsung melalui perindakop. Dan, sementara ini tidak ditemukan upaya penimbunan bbm ditengah masyarakat. (YA)

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: