RT & RW Berperan Penting Wujudkan Kota Tanpa Kumuh

Megapolitan.co

BEKASI – Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kota Bekasi kembali menggelar sosialisasi Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Kegiatan yang memang dilakukan di 56 Kelurahan yang ada di Kota Bekasi untuk hari ini, Jum’at (13/3/2017) dihelat di Kelurahan Marga Jaya, Bekasi Selatan.

Kegiatan yang melibatkan elemen masyarakat ini semakin menarik karena dihadiri langsung oleh Walikota Bekasi, Rahmat Effendi Kepala Dinas Disperkimtan Dadang Ginanjar serta Aparatur di bidang Perumahan dan Permukiman dan juga bidang pengolahan sanitasi UPTD PALD.

Dalam kegiatan ini Rahmat melakukan interaksi langsung dengan masyarakat terkait pembinaan kualitas perumahan dan permukiman.

Menurut Rahmat dalam meningkatkan kualitas perumahan dan permukiman dibutuhkan peran serta masyarakat. Kepala lingkungan di tingkat RT dan RW menurutnya menjadi garda terdepan dalam kualitas perumahan dan permukiman tersebut.

“Di Kota Bekasi masih banyak wilayah yang belum layak, mulai dari Mandi Cuci Kakus (MCK). Air minum dan lainnya termasuk merevitalisasi standar rumah. RT dan RW juga harus mampu memberikan pemahaman tentang kehidupan beragama,”ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Disperkimtan Kota Bekasi Dadang Ginanjar menambahkan Dinas yang di kelola dirinya beserta timnya akan berkomitmen untuk terus mendorong penataan kawasan kumuh untuk lebih berkualitas lagi.

“Tidak hanya sebatas permukiman dari sisi perumahannya saja akan tetapi harus menyeluruh termasuk di dalamnya bicara pengolahan sanitasi yang baik untuk masyarakat,”jelas pria bergelar Doktor ini.

“Jadi kegiatan kami dalam meningkatkan kualitas perumahan dan permukiman ini merupakan bagian dari rencana pemerintah Kota Bekasi untuk mewujudkan kota yang maju sejahtera dan ihsan,”tambahnya lagi.

Di tempat sama Kepala Bidang Perumahan dan Permukiman Disperkimtan Kota Bekasi Imas Asiyah ikut menjelaskan bahwa sebuah wilayah dikatakan kumuh memiliki indikator diantaranya menurut wanita berhijab ini antara lain kekumuhan dari bangunan gedung, jalan, drainase, penyediaan air minum, sanitasi serta pengolahan sampah.

“Sebagus apapun program yang kami buat jika tidak di dukung oleh masyarakat tidak akan sukses terlaksana,”pinta Imas dengan harapan masyarakat ikut berperan aktif.

Dalam kegiatan sosialisasi yang dilakukan di aula Kelurahan Marga Jaya ini masyarakat terlihat antusias dan berkomitmen bersama pemerintah Kota Bekasi untuk bersinergi dalam meningkatkan kualitas perumahan dan permukiman. (adv)

Beri Komentar

%d bloggers like this: