154 Anggota OPM Nyatakan Kembali Ke Pangkuan NKRI


Megapolitan.co

PAPUA – Sebanyak 154 orang simpatisan Gerakan Separatis Papua Bersenjata (GSPB) menyatakan diri untuk kembali kepangkuan NKRI. Utaringgen Telenggen dan kawan-kawan adalah simpatisan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Pok Sinak-Yambi, Kabupaten Puncak, Papua. Pada hari Rabu (15/3) pukul 14.30 WIT Utaringgen Telenggen didampingi oleh Pdt Zakarias Tabuni di Makoramil 1714-04/Sinak meminta jaminan keamanan dari aparat terkait dengan rencana menyerahkan diri kembali ke pangkuan NKRI.

Kemudian, pada hari Senin (20/3) pukul 13.15 WIT bertempat di Kampung Sinak, Distrik Sinak, Kabupaten Puncak, bertepatan dengan acara peresmian Kantor Kas BPD, Utaringgen Telenggen menyampaikan aspirasinya di hadapan Bupati Puncak, Wilem Wandik, Asisten I, Asisten III, Anggota DPRD Dapil Sinak, Para Pimpinan SKPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Agama. Dengan didampingi Danramil 1714-04/ Sinak, Lettu Inf Yusuf Rumi, Utaringgen Telenggen menyampaikan bahwa ia dan kelompoknya bersedia turun gunung dan kembali ke pangkuan NKRI.

Dirinya juga meminta jaminan keamanan dari aparat baik TNI maupun Polri. Selain itu, mereka meminta untuk dibangunkan rumah honai sehat. Pada kesempatan tersebut, Bupati Puncak, Willem Wandik, menyerahkan satu lembar bendera Merah Putih kepada Utaringgen Telenggen dan 154 simpatisan lainnya sebagai simbol telah kembalinya Pok KKB Wilayah Sinak-Yambi ke pangkuan NKRI.

Utaringgen Telenggen dan 154 simpatisan lainnya merasa kecewa dan menyatakan diri kembali kepangkuan NKRI karena selama menjadi pengikut Pok GSPB pimpinan Lekagak Telenggen dan Gombanik Telenggen tidak mendapatkan apa-apa. Utaringgen Telenggen dkk, rata – rata berasal dari Kampung Weni dan Kampung Rumagi, Distrik Mageabumi, Kabupaten Puncak. Wilayah ini berbatasan dengan Distrik Yambi, Kabupaten Puncak Jaya. Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw, terkait dengan kejadian tersebut menghimbau kepada simpatisan GSPB lainnya untuk turung gunung dan bergabung kembali dengan NKRI. (YA)

Beri Komentar

%d bloggers like this: