DPRD Yahukimo: Penerapan BBM Satu Harga Belum Maksimal

Megapolitan.co

YAHUKIMO – Wakil Ketua 1 DPRP Kabupaten Yahukimo, Maus Asso, di Jayapura mengatakan penerapan kebijakan BBM Satu harga di Kabupaten Yahukimo belum maksimal.

Sebagaimana diketahui harga BBM di wilayah Pegunungan Tengah Papua sebelum ada kebijakan BBM satu harga di Papua berkisar 50rb – 100 rb rupiah per liter. Namun, ada instruksi Presiden Jokowi untuk menerapkan Kebijakan BBM Satu Harga di Papua, sehingga diharapkan harga BBM di Papua sama dengan harga BBM di Jawa.

Namun implementasi kebijakan tersebut di lapangan masih menemui kendala, demikian disampaikan oleh Maus Asso, pada Senin, (20/3/2017).

Dikatakannya, saat ini harga BBM di Kabupaten Yahukimo tergantung pada kondisi sungai. Selama ini, suplai BBM Yahukimo dipasok dari Timika menggunakan kapal dan beroperasi sangat tergantung pada cuaca dan pasang surut air sungai.

“Harga BBM tergantung pada sungai, kalau kali kering (surut), harga BBM naik, kalau kali naik (pasang), harga BBM turun,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan kisaran harga BBM di Kabupaten Yahukimo antara 15rb-20rb rupiah perliter jika kondisi sungai sedang pasang, namun bila sungai sedang surut harga mencapai 30rb – 50rb rupiah perliternya.

Maus menambahkan pasokan BBM bersubsidi dari pemerintah pun tak lancar. Ia juga mengeluhkan adanya oknum calo yang turut bermain harga BBM yang didistribusikan di Kabupaten Yahukimo (YA).

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: