Dinas Lingkungan Hidup Ungkap Sebab Kali Bekasi “Memutih”

Megapolitan.co

BEKASI – Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Jumhana Lutfi telah mengetahui penyebab tercemarnya Kali Bekasi yang terjdi sejak Jumat pagi, (17/3/2017).

Menurut Kadis LH ketika dikonfirmasi tim Megapolitan, penyebab tercemarnya Kali Bekasi adalah akibat pembuangan limbah pabrik yang berada di Kabupaten Bogor.

“Kita sudah cek ternyata ini adalah limbah dari Kabupaten Bogor, dan kita juga sudah berkoordinasi dengan Dinas LH disana. Rencananya hari Senin (19/3/2017) mendatang akan ada pertemuan dengan kita,” kata dia.

Jumhana juga mengaku kecewa dengan Pemkab Bogor yang tidak mengawasi penuh kawasan industri yang membuang limbah secara sembarang dan pihaknya akan segera mencek sampel air tercemar melalui tes laboratorium.

“Untuk hal ini kita sudah melaporkannya kepada Provinsi agar ditindak lanjuti, karena memang tidak satu kali saja Pemkab Bogor mencemari air Kali Bekasi. Dan mudah-mudahan nanti akan ada jalan yang baik,”

“Kita belum tau itu (kadar cemar), karena harus menguji dan perlu baku sempel sebanyak 9. Hal ini untuk mengetahu ambang batas maksimal dari hasil ter uji laboratorium,” ungkap dia.

Untuk diketahui, limbah industri yang dibuang oleh salah satu pabrik di Kabupaten Bogor tersebut mengalir dari Curug Parigi, Bantargebang. Vila Nusa Indah, Jatiasih, dan sampai bendungan Plisdo yang berada di jalan M Hasibuan, Bekasi Timur untuk di Kota Bekasi.(Yd)

Beri Komentar

%d bloggers like this: