Di Warung Kaki Lima, Walikota Bekasi Bicara Kerukunan Beragama

Megapolitan.co

BEKASI – Sembari menyantap sate dan sop kambing di sentra kuliner Center Point, pada Kamis petang (16/3/2017), Walikota Bekasi, Rahmat Effendi yang ditemani Kepala BKD, Renny Hendrawati berbicara banyak hal tentang kerukunan umat beragama di Kota Bekasi.

Untuk diketahui, Walikota Bekasi yang akrab disapa Bang Pepen pada Kamis siang harinya, baru saja menghadiri undangan dari Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI.

Undangan tersebut untuk menerima penghargaan tentang Perlindungan dan Pemenuhan atas Kebebasan Beragama dan Keyakunan Tahun 2017. Penghargaan ini adalah bentuk apresiasi Komnas HAM terhadap beberapa daerah yang berdedikasi dalam perlindungan dan pemenuhan Hak Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan di Kota Bekasi.

“Bekasi adalah Kota Heterogen dengan penduduk mencapai 2,6 juta jiwa, memang masih ada kelompok radikal ataupun kelompok intoleran, namun kita tetap berupaya untuk menjaga kerukunan beragam dengan norma hukum dan UU yang ada,” jelasnya pada Kamis, (16/3/2017) di Sentra Kuliner Center Point.

Rahmat Effendi juga menyebut salah satu Test Case Kota Bekasi dalam menjaga kerukunan beragama adalah ketika Pemerintah Kota Bekasi dihadapkan dengan persoalan pendirian gereja-gereja yang sempat ditentang oleh kaum mayoritas muslim di Bekasi Utara dan Jatisampurna.

“Sempat ramai masalah pendirian Gereja Santa Clara dan Gereja Kalamiring, sekarang melalui jalur hukum semua permasalahan sudah selesai tanpa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” jelas Rahmat Effendi.

Soal diundang ke Vatikan, Pepen mengaku tidak menyangka dan sangat terkejut ketika dirinya dititipkan salam oleh Duta Besar Vatikan untuk Indonesia terkait konsistensi menjaga kedamaian beragama di Kota Bekasi.

Sebagai catatan, selain Walikota Bekasi, kata Pepen, Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil dan Wali Kota Manado, Vicky Lumentut juga menerima penghargaan serupa dan menjadi panelis bersama Walikota Bekasi dalam Kongres Nasional Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan (Kongres Nasional KBB) di Indonesia tahun 2017. (Yd)

Ingin Tahu Lebih Banyak Soal Kota Bekasi?

Kami Kabarkan Berita Terbaru Seputar Kota Bekasi Langsung ke Gadget Anda.

Invalid email address
Anda Bisa Berhenti Berlangganan Kapan Saja Tanpa Biaya

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: