Pembentukan Perda Pengelolaan Sampah Dapat Dukungan Dari DPRD


Megapolitan.co

BEKASI – Problem sampah di Kota Bekasi hingga kini terus menjadi agenda serius yang harus diselesaikan oleh Pemerintah dan DPRD Kota Bekasi, baik dalam pengelolaannya hingga payung hukum sebagai dasar pengelolaannya.

Dewasa ini, Pemerintah Kota Bekasi terus mencanangkan pembentukan Bank Sampah untuk menanggulangi permasalahan sampah di Bekasi. Namun jumlah bank sampah di Bekasi masih jauh dari target, yaitu 1.074 Bank Sampah.
Pada pertengahan Maret 2017, Pemerintah Kota Bekasi menggelar Aksi Peduli Sampah yang diadakan oleh Bank Sampah Induk Patriot (BSIP). Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Jumhana Lutfi dalam kesempatan itu memaparkan mengenai kondisi sampah di Bekasi.

“Di Bekasi sekitar 1.000 ton sampah masih kerap terpencar. Butuh adanya kesadaran masyarakat untuk membantu mengolah sampah tersebut, salah satunya melalui bank sampah,” ujar Jumhana Luthfi.

Menurutnya, total bank sampah aktif di Bekasi baru berjumlah sekitar 87. Ia mengatakan targetnya pada bulan September, Bekasi harus memiliki 1.074 bank sampah. Setiap kelurahan pun dituntut untuk membentuk Gerakan Peduli Sampah (GPL) untuk mengatasi permasalahan sampah.
Ia pun berharap rencana pembentukan bank sampah mendapat dukungan dari semua pihak, termasuk DPRD yang diminta fokus membuat payung yang mendukung keberadaan Bank Sampah.

Menanggapi itu, Anggota Komisi II DPRD Kota Bekasi, Muhammad Said mengaku sangat mendukung langkah pemerintah dalam menyelesaikan berbagai problem sampah, termasuk membentuk Bank Sampah.

Mengenai payung hukum, DPRD menurut Said sangat fokus menyelesaikan semua bahasan yang diusulkan oleh pemerintah. Hanya saja dalam pembentukan sebuah peraturan dibutuhkan proses serta mekanisme yang harus ditempuh.

“Kita akan rumuskan dengan seksama persoalan peraturan daerah mengenai keberadaan Bank Sampah atau aturan mengenai penanganan sampah,” jelas Said.

Politisi PPP ini menyadari bahwa area TPA tidak dapat menampung semua sampah yang ada. Karenanya ia juga mengimbau agar masyarakat mendukung pemerintah dalam menanggulangi sampah termasuk membentuk Bank Sampah di setiap lingkungan.

“Mudah-mudahanan dengan pemberdayaan masyarakat untuk memilah dan mengolah sampah dari sumbernya bisa menjadi solusi untuk permasalahan ini,” ujarnya. (ADV)

Beri Komentar

%d bloggers like this: