Kunjungi Papua, Dubes AS Rayakan Hari Perempuan Internasional

Megapolitan.co

JAYAPURA – Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R Donovan dalam lawatannya ke Kota Jayapura pada Selasa pagi (7/3), turut merayakan Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada esok hari, 8 Maret.

Perayaan Hari Perempuan Internasional diselenggarakan oleh USAID BERSAMA, di Pantai Hamadi, Jayapura, dengan mengangkat tema “Membawa solidaritas global untuk menghentikan kekerasan di Papua”.

Dubes AS, Joseph R Donovan didampingi oleh istri dan Direktur Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat USAID/Indonesia, Erin Elizabeth McKee beserta rombongan tiba di Pantai Hamadi pukul 9 pagi dan disambut dengan tradisi injak piring. Tradisi injak piring merupakan tradisi Jayapura, untuk menyambut mereka yang baru pertama kali datang berkunjung.

Direktur Program USAID Bersama – Papua, Sri Kusyuniati menyampaikan bahwa Usaid Bersama merupakan program 5 tahunan yang didanai oleh Pemerintah Amerika Serikat untuk merumuskan strategi berbasis lokal untuk mengurangi kekerasan berbasis gender dalam keluarga dan komunitas di 4 Kabupaten yang mencakup provinsi Papua & Papua Barat, yakni: Jayapura, Jayawijaya, Manokwari dan Sorong.

Joseph Donovan yang baru 3 bulan menjabat sebagai Dubes AS untuk Indonesia dalam sambutannya mengatakan bahwa setiap orang mempunyai peran penting untuk membawa perubahan yang signifikan mengatasi kekerasan berbasis gender.

“Menurut World Economic Forum diramalkan dengan tingkat perubahan sekarang, maka kesenjangan gender tidak tertutup sepenuhnya sampai dengan tahun 2186 yang artinya lebih dari 100 tahun dari sekarang. Ini terlalu lama kita tunggu. Jadi, perayaan Hari Perempuan Internasional memberikan peluang yang sangat penting untuk menciptakan dobrakan – dobrakan sehingga kita bisa memberi perubahan yang lebih besar lagi bagi para perempuan,” kata dia.

Dalam sesi konfrensi Pers, Joseph Donovan menyampaikan bahwa Amerika Serikat dan Indonesia adalah mitra strategis. Terkaitan dengan isu kekerasan dan diskriminasi oleh karena gender, ia menyampaikan bahwa hal tersebut bukan hanya terjadi di Indonesia saja, tetapi juga di seluruh dunia, termasuk di Amerika Serikat.

“Ini merupakan kemitraan dua arah, Indonesia belajar dari kami dan kami belajar dari Indonesia untuk mengatasi permasalah ini,” ujarnya.
Sementara itu, Erin McKee mengatakan bahwa USAID bekerjasama dengan masyarakat sipil untuk meningkatkan akses pada keadilan dan kesadaran Hak Asasi Manusia.

“Kita harus menyadarkan perempuan bahwa melawan (diskriminasi gender) bukanlah suatu hal yang tabu,” kata dia.

Selain memperingati Hari Perempuan Internasional, Dubes AS dalam lawatannya ke Papua selama dua hari, juga melakukan pertemuan dengan Gubernur Papua, Lukas Enembe. (YA)

Ingin Tahu Lebih Banyak Soal Kota Bekasi?

Kami Kabarkan Berita Terbaru Seputar Kota Bekasi Langsung ke Gadget Anda.

Invalid email address
Anda Bisa Berhenti Berlangganan Kapan Saja Tanpa Biaya

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: