Bertemu Gubernur Papua, Dubes AS Ingin Belajar Banyak Dari Indonesia

Megapolitan.co

JAYAPURA – Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R Donovan menggelar pertemuan tertutup dengan Gubernur Papua, Lukas Enembe pada Selasa Siang (7/3/2017). Pertemuan berlangsung selama lebih kurang satu jam, di Swissbel Hotel, Jayapura.

Wartawan yang berusaha mengorek informasi terkait dengan pertemuan tersebut, akhirnya berkesempatan untuk melakukan wawancara singkat.
Dihadapan wartawan, Joseph Donovan yang baru pertama kali mengunjungi Papua mengaku membahas kegiatan selama kunjungannya di Papua, yakni mengunjungi program – program USAID di bidang lingkungan seperti illegal loging dan kekerasan berbasis gender.

Joseph Donovan yang datang bersama Direktur Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat USAID/Indonesia, Erin McKee mengatakan bahwa dirinya perlu belajar tentang Indonesia.

“Jelas sekali saya perlu banyak belajar tentang Indonesia, dan saya juga perlu belajar mengenai Papua. Dan, Pak Gubernur berbaik hati sekali. Beliau menjelaskan tentang kondisi Papua, dan juga prioritas Beliau di bidang ekonomi,” akunya.

Senada dengan Dubes AS, Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan bahwa dalam pertemuan tersebut dirinya membahas pelaksanaan otonomi khusus Papua, isu terkait dengan lingkungan, illegal loging dan pendidikan.
Ketika wartawan menyinggung persoalan Freeport, Donovan mengatakan bahwa pihaknya sependapat dengan Presiden Jokowi untuk mendapatkan win-win solution.

“Untuk Freeport kami memantau terus permasalahan ini. Saya mendorong perusahaan dan pemerintah untuk membuka channel komunikasi mereka agar bisa mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Pak Jokowi menyebut ini win – win solution. Dan, saya sangat setuju sekali dengan win-win solution. Ini memberikan sinyal kepada investor asing di masa yang akan datang yang ingin berinvestasi di Indonesia, dan ini akan menunjukkan bahwa Indonesia memiliki daya saing di tingkat global,” ujarnya (YA)

Beri Komentar

%d bloggers like this: