Warga Papua Semakin Sadar Pentingnya Menikah Di Catatan Sipil

Megapolitan.co

JAYAPURA – Pernikahan masal adalah program yang rutin digelar oleh Pemkot Jayapura setiap tahunnya. Kegiatan tersebut biasanya diselenggarakan dalam rangka HUT Kota Jayapura yang peringati setiap tanggal 7 Maret.

Tahun ini pun, Pemkota Jayapura kembali menggelar pernikahan massal. Namun, berbeda dari tahun sebelumnya, jumlah peserta tidak mencapai target. Jika tahun lalu over target yakni lebih dari 400 pasangan yang dinikahkan, maka tahun ini jumlahnya menurun, yakni diikuti 241 pasangan.

“Biasanya kami melebih target, tapi sekarang kurang. Hal ini mengindikasikan program kami berhasil. Kesadaran masyarakat untuk melakukan pencatatan sipil meningkat,” terang Kadisdukcapil, Merlan Uloli.

Menurut Merlan, masyarakat semakin sadar pentingnya Nikah Pencatatan Sipil sebagaimana diatur dalam Undang – undang Perkawinan Nomor 1 Tahun 1974.

“Khususnya Perempuan, tanpa ikatan pernikahan yang sah melemahkan kaum perempuan,” lanjutnya.

Dicontohkannya, pasangan yang hidup bersama, meski pernikahannya telah diberkati di gereja namun tidak melakukan pencatatan sipil bilamana terjadi perpisahan akan merugikan kaum perempuan. “Mantan istri tidak bisa melakukan protes, karena pernikahannya tidak dicatat sesuai hukum negara,” terangnya.

Merlan meyakini, masyarakat telah belajar dari banyaknya kasus yang timbul akibat tidak mencatatkan pernikahannya.

“Kaum perempuan semakin cerdas, sehingga mereka saat ini…begitu ada komitmen hidup bersama harus capil dulu sesuai dengan agama dan undang – undang sehingga posisi perempuan kuat. Misalnya, dalam pengurusan akta kelahiran tidak sulit. Karena anak yang terlahir dari keluarga yang tidak tercatat pernikahannya saat mengurus akta hanya tercatat sebagai anak ibu. Anak punya hubungan perdata ibu,” urainya.

Meski jumlah peserta nikah masal tahun ini berkurang, namun kegiatan tersebut akan kembali digelar tahun depan. (YA)

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: