Kodim 1701/Jayapura Sulap Lahan Tidur Jadi Lahan Produktif

Megapolitan.co

PAPUA – Saat ini, sektor pertanian bukanlah menjadi bidang yang menarik bagi generasi penerus khususnya generasi muda Indonesia. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan tentang pertanian sejak dini baik di lingkungan keluarga, masyarakat ataupun dilingkungan sekolah. Dan yang lebih terlihat lagi kesan petani itu harus bergelut dengan lumpur, sehingga badan terkesan kotor karena tanah.

Seperti yang terjadi saat ini, jumlah petani yang berusia produktif terus menurun. Kondisi ini jika dibiarkan terus-menerus bukan tidak mungkin akan mengancam stabilitas nasional terutama dari sisi ketahanan pangan, karena ketahanan pangan merupakan muara dari kemandirian pangan, baik di tingkat nasional, daerah atau bahkan keluarga.

Berkaca dari hal tersebut diatas, Babinsa Koramil jajaran Kodim 1701/Jayapura tanpa merasa lelah dan tanpa pamrih secara terus menerus berusaha dan menciptakan lapangan pekerjaan dengan memanfaatkan lahan-lahan kosong yang tidak tersentuh oleh pertanian untuk dapat ditanami serta mendampingi para petani dan mengajak pemuda-pemuda yang tidak memiliki pekerjaan untuk mau terjun ke dunia pertanian, demi memajukan ketahanan pangan Indonesia.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 1701-04/Arso Serda Teguh. Babinsa ini berkeliling kampung binaanya serta mengajak masyarakat untuk dapat memanfaatkan lahan-lahan yang kosong agar bisa berproduktif.

Lahan yang awalnya berupa rawa-rawa dan hutan yang ditumbuhi tanaman liar, dia bersihkan agar bisa ditanami dengan tanaman yang bermanfaat. Teguh mengajak warganya dan langsung memberi contoh bagaimana memanfaatkan lahan tidak produktif tersebut menjadi lahan yang dapat menghasilkan.

Salah satu warga masyarakat yang bernama Ansar mempunyai lahan 2.5 Ha, namun berupa rawa-rawa dan ditumbuhi tanaman liar merasa sangat senang dan terbantu dengan apa yang dilakukan oleh Babinsa, kaerena lahan yang awalnya tidak bisa ditanami sekarang berubah menjadi lahan yang subur dan dapat menghasilkan.

“Saya sangat berterimakasih kepada pak Babinsa, karena selama ini tanah saya tidak bisa ditanami, namun sekarang dapat menghasilkan. Saya dibantu pak Babinsa mengolah tanah kosong ini , sehingga sekarang saya bisa menanam cabai, kacang panjang, buncis dan lain-lainnya,” kata Ansar.

Menurut Serda Teguh bahwa, kegiatan yang dilakukan tersebut adalah untuk terus mendorong dan memberikan motifasi terhadap petani di Desa binaannya agar terus meningkatkan hasil pertaniannya sehingga generasi muda lainnya mau terjun ke dunia pertanian karena bukan hanya menjadi aparat sipil negara atau bekerja di bidang swasta yang menjadi pekerjaan untuk menjadi sukses, akan tetapi bekerja di bidang pertanian juga akan menuai kesuksesan apabila pekerjaan tersebut ditekuni dan dikelola dengan baik,” ucapnya. (YA)

Ingin Tahu Lebih Banyak Soal Kota Bekasi?

Kami Kabarkan Berita Terbaru Seputar Kota Bekasi Langsung ke Gadget Anda.

Invalid email address
Anda Bisa Berhenti Berlangganan Kapan Saja Tanpa Biaya

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: