Lomba Panahan Meriahkan Rangkaian Lomba HUT Kabupaten Merauke

Megapolitan.co

PAPUA – Dalam rangkaian kegiatan memeriahkan Hari Jadi Kab. Merauke ke-115, Kodim 1707/Merauke menggelar lomba panahan tradisional di lapangan Pemda Kab. Merauke, Jln. Brawijaya Merauke pada Sabtu kemarin. (25/02/2017).

Kegiatan lomba panahan tradisional ini diikuti oleh kurang lebih 350 orang peserta dari perwakilan tiap-tiap Kelurahan yang ada di Kota Merauke. Diadakannya kegiatan lomba panahan tradisional ini, selain dalam rangka memperingati HUT kota Merauke ke-115 yang jatuh pada tanggal 12 Februari 2017 lalu, juga merupakan upaya melestarikan kearifan local, yakni memanah.

Bupati Merauke, Frederikus Gebze, S.E., M.Si., yang membuka secara langsung perlombaan tersebut menyampaikan, perlombaan panahan tradisional semacam ini sudah dilaksanakan yang kesekian kalinya. “Kegiatan semacam ini dimaksudkan, bukan sekedar acara seremonial saja, namun lebih dari itu hendaknya kita dapat memaknai kegiatan ini sebagai ajang kerukunan dan kebersamaan, utamanya bagi masyarakat Merauke, jangan asal lewat dan berlalu begitu saja”. terang Bupati.

Lebih lanjut Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para peserta yang telah mengikuti event ini serta seluruh lapisan masyarakat dan unsur-unsur terkait yang sudah mendukung terselenggaranya acara ini dengan baik.

Ia berharap, khususnya bagi peserta lomba, pelaksaan kegiatan kedepan hendaknya dipersiapkan lebih matang lagi, sehingga hasil yang dicapai dapat lebih optimal. Usai penyampaian sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan panahan Eksebisi, yang dilakukan oleh Bupati Merauke beserta para tamu undangan yang hadir sebagai tanda dibukanya perlombaan panahan tradisional ini.

Dandim 1707/Merauke, Letkol Inf. Heri Krisdianto,S.E. yang ditemui ditengah-tengah kegiatan mengungkapkan, ajang ini merupakan upaya Pemerintah setempat juga guna mendapatkan bibit-bibit atlet prestasi, harapannya dapat mewakili wilayah ini ke ajang yang lebih bergengsi.

“Yaa, secara umum memang acara ini memeriahkan Hari Jadi Merauke, namun ada tujuan lain seperti yang saya sampaikan tadi. Nanti peserta dan pemenang lomba akan kita data, sehingga kalau ada yang memang berpotensi akan kita bina dan kita salurkan ke ajang luar daerah maupun Nasional”. Terang Dandim.

Turut hadir dalam kegiatan lomba panahan tradisional tersebut diantaranya Bupati Merauke, Frederikus Gebze, S.E.,M.Si., Kasi Opsrem 174/ATW, Kolonel Inf. R.A. Prasetyo U. Dandim 1707/Merauke, Letkol Inf. Heri Krisdianto,S.E., Kasdim 1707/Merauke, Mayor Inf. Boby, Danyonif 755/Yalet, Mayor Inf. R. Siregar, Dankima Yonmarhalan XI/Merauke, Kapten Mar. H. C. zages, perwakilan Satrad 211/Merauke, Kapten Lek M. Suryaman, Perwakilan Polres Merauke, AKP Suryadi, Perwakilan Lantamal XI/Merauke, Letda Laut Sumardiono, Kepala Keuangan Kab. Merauke, Albertus Muyak, Kasatpol PP Kab. Merauke, Refra dan Kadis PU Kab. Merauke, H. BL. Tobing serta Kepala Bagian Perbatasan Kab. Merauke, Mex Cristyan Walinaulik. (YA)

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: