PKS: Ahmad Syaikhu Masuk Bursa Calon Gubernur Jabar

Megapolitan.co

BEKASI – Ahmad Syaikhu, politisi asal Partai Keadilan Sejahtera yang sekarang menjabat sebagai Wakil Walikota Bekasi dikabarkan masuk dalam bursa pencalonan Gubernur – Wakil Gubernur Jawa Barat. Pilkada Jawa Barat sendiri akan dilaksanakan berbarengan dengan Pilkada Kota Bekasi di tahun 2018 memdatang.

Badan Pemenangan Pemilu (PKS) Jawa Barat, Choiroman Juono Putro mengungkapkan partainya telah menghasilkan 10 nama bakal calon Gubernur – Wakil Gubenur Jawa Barat 2018 dari internal PKS.

“Kita sudah menghasilkan 10 nama bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat berdasarkan. hasil pemilu internal partai, salah satunya ada nama Pak Syaikhu,” kata dia, Kamis (23/2/2017).

Selain Ahmad Syaikhu, terdapat juga sejumlah nama diantaranya istri Gubernur Ahmad Heryawan, Netty Prasetyani Heryawan, mantan Ketua DPW PKS Jabar Tate Qomarudin, Wakil Ketua DPRD Jabar Haris Yuliana, dan anggota Fraksi PKS DPRD Jawa Barat, Nur Suprianto.

Choiroman mengaku, nama yang muncul dari pemilu para kader PKS tersebut akan diperkecil menjadi tiga nama. Setelah itu, kata dia, diserahkan secara resmi ke DPP PKS untuk selanjutnya diproses dan dilakukan survei lanjutan untuk mengukur popularitas dan elektabilitas masing – masing kandidat.

“Dari proses tersebut, akan dimunculkan satu nama yang dianggap layak diajukan sebagai kandidat calon gubernur. Jadi nantinya DPP PKS yang menentukan siapa yang akan menjadi cagub dari tiga nama tersebut,” terang dia.

Dengan munculnya nama Ahmad Syaikhu menjadi bakal calon Gubernur – Wakil Gubernur Jawa Barat, diyakini akan membuat peta menjelang pilkada Kota Bekasi masih belum menemui titik terang, pasalnya, Ahmad Syaikhu juga masuk dalam bakal calon Walikota – Wakil Walikota Bekasi.

“Itu nanti bagaimana tanggapan masyarakat, apakah Pak Syaikhu lebih berpeluang di Kota Bekasi atau Jawa Barat, tapi keputusan tetap di DPP. Nanti akan ada survey diinternal,” tutur dia.

Meski demikian, PKS tetap membuka peluang untuk mencalonkan kandidat gubernur dari luar PKS. Ia menyebut sudah ada dua nama yang mencuat, yakni Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar.

“Keduanya (Ridwan dan Deddy Mizwar) punya historikal dengan PKS. Jadi kita enggak berat lagi membangun kerjasama,” tandas dia.

Perlu diketahui, pelaksanaan Pilgub Jabar bersamaan dengan Pilkada Kota Bekasi, yang direncanakan berlangsung pada Juni 2018 mendatang. (Yd)

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: